Kunjungan Pelayanan Lions Clubs ke Lokasi Gempa Lombok

Salam pengabdian,

Gempa 7 Skala Richter, meluluh lantakkan Pulau Lombok, salah satu destinasi terbaik di negeri ini.  Wilayah terdampak utama adalah di daerah Lombok Utara dan Lombok Timur serta sebagian Lombok Barat .

Pada tgl 13 Agustus 2018, kami ALERT Team Lions Clubs International District 307-B1, di pimpin langsung oleh Gubernur Distrik Willy Suwandi Dharma dalam hal ini mewakili Gubernur Distrik 307-B2 Peter Gozal, dimana Pulau Lombok termasuk di dalam teritori pelayanan pengabdiannya .

Kunjungan ini juga di dampingi Council Chairperson Lita Tamzil, Multi District Secretary Grace Lie, Multi District ALERT Erijanto Djajasudarma dan Marina Suksmono serta Lion Yani A. dari Komite YLMI 307-B2, berangkat menuju Pulau Lombok menggunakan pesawat komersil pada pukul 05:45 WIB.

Tiba di Lombok pukul 09:00 WITA. Kemudian kami, Rombongan dari Jakarta menanti kedatangan rombongan dari  Lions Club Bali yang dipimpin oleh Lion Mulyadi dan Team. Dengan pertolongan Kendaraan TNI Angkatan Laut, mereka membawa bantuan dari Bali yang akan diserahkan kepada korban bencana. Sambil menunggu barang-barang bantuan dari Bali tiba, Gubernur Distrik Willy berinisiatif membeli barang – barang bantuan tambahan di toko waralaba terdekat.

Setelah team dari Bali sampai kami langsung menuju Pos Bantuan Pertama yaitu Puskesmas Meninting di Lombok Barat. Disana kami bertemu dengan Gubernur Distrik Sylviana Murni dari Distrik 307-A1 dan bergabung bersama untuk langsung menurunkan bantuan. Ketika kami menurunkan bantuan di Meninting, gempa pun terjadi lagi dengan 4.2 Skala Richter. Syukur kepada Tuhan, saat itu tidak terjadi apa-apa.

Setelah selesai menurunkan bantuan dan melakukan serah terima, maka Team melanjutkan perjalanan ke posko bantuan ke 2 di daerah Nipah, Senggigi Lombok Utara. Di wilayah ini rumah-rumah yang hancur lebih banyak. Setelah kami menurunkan bantuan di Nipah maka team dari Distrik 307-A1 kembali ke kota Mataram. 

Kami bersama Gubernur Distrik Willy Suwandi Dharma dan Council Chairperson Lita Tamzil melanjutkan perjalanan naik ke gunung dengan korban bencana lebih banyak yaitu daerah Temanggo. Disana jumlah pengungsi sekitar 3500 jiwa dan ditampung di tenda2 milik Polsek. Kami bersyukur atas inisiatif Gubernur Distrik Willy yang membeli barang bantuan tambahan sebanyak 1 mini bus, sehingga kami mendapat kesempatan berbagi disana.

Sampai hari ini penduduk masih kuatir kembali ke rumah mereka masing – masing, mengingat masih terjadi gempa-gempa susulan sekalipun dalam Skala Richter yang rendah. Masih banyak yang membutuhkan bantuan kita sebagai Lions, terutama nanti dalam tahap Rehabilitasi akibat gempa yang akan segera kami lakukan..

Perjalanan selesai pukul 18:00 WITA dan kami kembali ke Bandara International Lombok dan melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. Saat ini kami sedang menyelesaikan Rencana Pembanggunan beberapa Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) disana.

Kami juga telah mengirimkan bantuan kedua berupa

  •  400 selimut ( 7 karung besar),
  • pakaian bekas 3 kardus,
  • 1 karung kecil
  • 11 bal terpal

Kami berharap Fellow Lions sekalian tetap mendukung dan memberikan bantuan demi terlaksananya misi kemanusiaan untuk Lombok ini melalui Dompet Kita Peduli Lombok.

Terimakasih dan penghargaan setinggi – tingginya untuk Gubernur Distrik Willy Suwandi Dharma, Council Chairperson Lita Tamzil serta MD ALERT Erijanto Djajasudarma, yang terus berkoordinasi dalam upaya tanggap darurat bencana ini. Juga terimakasih kami kepada seluruh team yang terjun langsung ke lokasi bencana dan dengan semangat terus terlibat dalam bantuan misi Lombok ini.

Salam Pengabdian,
We are Family – We Serve

Eko P Setiowibowo

Ketua Komite Team ALERT
LCI District 307-B1 Indonesia